Khutbah Jumat Singkat PDF Penuh Makna Tentang 4 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi

  • Whatsapp
Ilustrasi Membaca Sholawat Nabi
Ilustrasi Membaca Sholawat Nabi

Khutbah jumat singkat penuh makna terbaru berikut ini menjelaskan tentang 4 keutamaan membaca sholawat Nabi Muhammad SAW. Sebenarnya banyak keutamaan membaca sholawat Nabi, karena terbatasnya waktu khutbah maka dalam materi ini hanya membahas 4 saja.

Khutbah jumat singkat padat penuh makna ini ditulis oleh Nofriyanto, M.Ag, Dosen Prodi Aqidah dan Filsafat Islam UNIDA GONTOR. Materi atau teks khutbah jumat ini tersedia versi PDF dan bisa didownload pada menu yang disediakan.

Bacaan Lainnya

Teks khutbah PDF ini berukuran A4 landscape dua kolom. Khotib cukup download, print lalu potong menjadi dua bagian atau berukuran A5. Ukuran ini sangat pas saat dibawa naik ke mimbar. Semoga bermanfaat.

MUKADIMAH KHUTBAH JUMAT PERTAMA

اَلْحَمْدُ لِلهِ، اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي شَرَحَ صُدُوْرَ أَهْلِ الْإِسْلَامِ بِالْهُدَى، وَنَكَتَ فِي قُلُوْبِ أَهْلِ الطُّغْيَانِ فَلَا تَعِيَ الْحِكْمَةَ أَبَدًا، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ شَهَادَةَ مَنْ آمَنَ بِهِ وَلَمْ يُشرِكْ بِهِ أَحَدًا، وَأَشْهَدُ أَنَّ نَبِيَّنَا وَسَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَبْلِ الهُدَى وَيَنْبُوْعِ التُّقَى، صَلَاةً تَبْقَى وَسَلَامًا يَتْرَى

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ: أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ فَالتَّقْوَى هِيَ وَصِيَّةُ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ اِتَّقُوْا اللهَ؛ فَإِنَّ تَقْوَاهُ أَفْضَلُ مُكْتَسَبٍ، وَطَاعَتَهُ أَعْلَى نَسَبٍ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَآمِنُوا بِرَسُولِهِ يُؤْتِكُمْ كِفْلَيْنِ مِنْ رَحْمَتِهِ وَيَجْعَلْ لَكُمْ نُورًا تَمْشُونَ بِهِ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Jamaah sidang shalat jumat yang dirahmati Allah subhanahu wataala,

Allah telah memilih Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam untuk memikul beban dan tanggung jawab menyampaikan risalah-Nya.

Dia adalah Nabi yang dimuliakan. Utusan Allah yang dinantikan. Junjungan dan pimpinan anak cucu Adam tanpa keraguan. Sebaik-baik ciptaan Rabb Pencipta Alam. Ibarat permata yang sangat mengesankan dan mutiara yang berkilauan.

Dialah ‘Abdullah wa rasuluhu, wa nabiyuhu, wa shafiyuhu, wa waliyuhu, wa aminuhu. Tidak sah iman seorang hamba sampai dia bersaksi dan beriman kepada risalah dan kenabiannya.

Dialah Nabi Muhammad, pemimpin sekaligus penutup para nabi, orang pertama dibangkitan di hari kebangkitan, pemberi syafaat, pemilik umat terbanyak di hari pembalasan dan beliaulah Abdullah al-Musthafa, wa Nabiyuhu al-Mujtaba wa rasuluhu al-Murtadha.

Betapa agung dan mulianya kedudukan baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sampai Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata,

‌مَا ‌خَلَقَ ‌خَلْقًا ‌وَلَا ‌بَرَأَهُ ‌أَحَبَّ ‌إلَيْهِ مِنْ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Tidak ada makhluk ciptaan Allah yang lebih Dia cintai dari Muhammad shallallahu alaihi wasallam.(Ghidzaal-Albab fi Syarh Manzumah al-Adab, As-Sifaraini al-Hanbali, 1/22)

Jamaah sidang shalat Jumat yang dirahmati Allah,

Sebagai bukti betapa mulia dan tingginya derajat serta maqam nabi tercinta dan sikap bersyukur atas keberkahan risalah yang diembannya, serta bukti cinta kita kepada nabi-Nya, maka Allah perintahkan kepada umatnya untuk bershalawat kepadanya dan menjadikannya sebagai bentuk taqarrub dan ibadah yang agung di kehadirat-Nya.

Sebagaimana yang Allah tegaskan,

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.(QS. Al-Ahzab: 56)

Maksud dari doa Allah atas Nabi-Nya yaitu; Allah memuji baginda Rasul, memberinya inayah, menunjukkan kehormatan, kebajikan, dan kesuciannya, adapun doa dan shalawat kita atas Nabi artinya kita meminta kepada Allah untuk meningkatkan pujian-Nya tersebut kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Sedagkan taslim adalah kedamaian, yang merupakan salah satu nama Allah, dan arti dari penyerahan diri.

Kita mendoakan baginda “Wahai Rasulullah, semoga anda tidak luput dari kebaikan dan berkah-Nya, serta terbebas dari musibah dan bencana. Semakin hari semakin bertambah tinggi kedudukanmu, bertambah umatmu, dan semakin sering engkau diingat.”

4 KEUTAMAAN SHALAWAT NABI

Kaum Muslimin yang dirahmati Allah,

Ada banyak keutamaan shalawat nabi sebagaimana tertuang dalam hadits-hadits shahih. Berikut ini penjelasan singkat 4 keutamaan shalawat nabi.

Keutamaan Shalawat pertama: Wasilah meraih berkah

Pos terkait