Khutbah Jumat Akhir Bulan Rabiul Awal: Cara Agar Kita Dicintai Nabi Muhammad

Ilustrasi Maulid Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi Maulid Nabi Muhammad SAW

Para sahabat telah membuktikan kecintaannya terhadap Rasulullah secara nyata.

1. Ali bin Abi Thalib menggantikan Rٌasulullah saat pengepungan oleh kaum Quraisy pada saat Nabi hendak hijrah.

Bacaan Lainnya

2. Berkaitan dengan peristiwa Isra Mi’raj. Ketika tidak ada satu pun orang yang percaya kepada rasulullah telah diisra mi’rajkan, Abu Bakar ash-Shidiq lah orang yang pertama kali meyakini akan kebenaran tersebut.

3. Umar Bin Khattab tidak rela Rasulullah dikabarkan telah meninggal, sehingga siapapun yang berani mengatakan berita itu akan dipenggal kepalanya oleh Umar.

4. Umu Sulaym mengumpulkan keringat Rasulullah dan diabadikan. 

Jamaah yang Dirahmati Allah

Selain memperbanyak bacaan shalawat, cara kita mencintai Rasulullah adalah dengan mengikuti sunahnya. Baik berupa perkataan, perbuatan maupun segala kebiasaan sikap Rasulullah. Dengan jalan memperbanyak bershalawat dan mengikuti sunahnya, semoga kita menjadi orang-orang yang dicinta Rasulullah.

Dikisahkan dalam kitab Nashaihul Ibad karya Imam Nawawi, Syekh Syibli mendatangi Ibn Mujahid, secara spontan Ibn Mujahid merangkul dan mencium kening Syekh Syibli. Syekh Syibli pun bertanya tentang hal itu. Syekh Mujahid menceritakan bahwa ia pernah bermimpi dan melihat Rasulullah mencium kening Syekh Syibli. Dalam mimpinya Ibn Mujahid bertanya kepada Rasulullah, hal apa yang menyebabkan Rasulullah begitu mencintai Syekh Syibli. Rasulullah menjawab bahwa Syekh Syibli selalu membaca dua ayat terakhir surat At-Taubah dan shalawat setiap selesai shalat fardhu.

 لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ. فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ 

dan membaca shalawat  صَلَّى اللهُ عَلَيْكَ يَا مُحَمَّد

Kemudian Ibn Mujahid menanyakan hal itu dan ternyata Syaikh Syibli selalu mengamalkan apa yang diceritakan Rasulallah dalam mimpi Ibn Mujahid. Melihat kisah tersebut, bukan hanya berapa banyak shalawat yang dibaca, namun istiqomah, terus menerus dan kecintaan sebenar-benarnya kepada Rasulullahlah yang dapat menjadikan kita dikenal oleh Rasulullah dan akan mendapatkan cintanya. 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait