Download Teks Khutbah Jumat Terbaru PDF: 5 Hak Dasar Manusia Menurut Islam

Ilustrasi Manusia Terjangkit Virus
Ilustrasi Manusia Terjangkit Virus

Naskah khutbah Jumat ini menjelaskan tentang hak-hak dasar yang harus diterima manusia. Hak-hak dasar ini menjadi landasan hukum Islam dan kebijakan pemerintah. Hak dasar ini merupakan merupakan misi risalah para nabi dan rasul yang diutus oleh Allah.

Teks ini ditulis oleh Alhafiz Kurniawan, Redaktur Keislaman NU Online dengan bahasa Indonesia. Anda bisa download versi PDF pada menu yang ada di akhir naskah. Semoga bermanfaat..

Bacaan Lainnya
Silahkan bergabung di grup Telegram untuk mendapatkan Materi Khutbah terbaru dari KHUTBAHSINGKAT.com dengan cara klik “Berlangganan” BERLANGGANAN atau https://t.me/khutbahjumatsingkat

MUKADIMAH KHUTBAH JUMAT

 اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدىْ وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْكَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لآإِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى خَاتَمِ اْلاَنْبِيَآءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ مُحَمَّدٍ وَّعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ أجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah..

Di awal khutbah ini, mari kita tingkatkan ketakwaan terhadap Allah dengan sebenar-benarnya, dengan berupaya secara optimal menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Hadirin jamaah Jumat rahimakumullah..

Di antara wujud nyata peningkatan ketakwaan terhadap Allah adalah pemenuhan atas hak-hak dasar manusia dalam Islam. Al-Quran dalam Surat Al-Isra ayat 70 telah menegaskan kehormatan manusia yang harus dilindungi.

 وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا 

Artinya, “Sungguh telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (Surat Al-Isra’ ayat 70).

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait