Khutbah Jumat Terupdate PDF: Hikmah di Balik Gempa Bumi Cianjur (B. Indonesia)

gempa bumi cianjur jawa barat
gempa bumi cianjur jawa barat

Terkait musibah gempa bumi, Nabi dalam riwayat Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, juz I halaman 221 bersabda:

 حَدَّثَنَا حَفْصٌ، عَنْ لَيْثٍ، عَنْ شَهْرٍ، قَالَ: زُلْزِلَتِ الْمَدِينَةُ فِي عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: إِنَّ رَبَّكُمْ يَسْتَعْتِبُكُمْ فَأَعْتِبُوهُ

Bacaan Lainnya

Artinya: Diceritakan dari Hafs, dari Laits dari Syahr, beliau menyatakan: Kota Madinah pernah mengalami goncangan di masa Nabi Muhammad SAW. Kemudian Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah SWT mengingatkan kalian, maka ingatlah pada Allah.

Jamaah Jumat yang Berbahagia

Adanya gempa bumi merupakan salah satu peringatan dari Allah untuk kita semuanya. Kita sedang diperlihatkan oleh Allah bagian kecil dari kekuasaan-Nya.

Allah mampu mengguncang bumi yang menurut kita besar dan kokoh. Allah mampu mengancurkan puluhan ribu bangunan dalam hitungan detik. Allah mampu mengambil ratusan nyawa dalam waktu sekejap.

Bahkan, atas kuasa Allah SWT, seorang bocah usia 7 tahun tertimbun reruntuhan bangunan ditemukan masih hidup, padahal ia tertimpa bangunan selama tiga hari.

Sekali lagi, Allah SWT sedang memperlihatkan kekuasaan-Nya melalui gempa bumi di Ciancur Jawa Barat. Segala sesuatu yang tidak mungkin menurut akal pikiran manusia maka hal itu bagi Allah sangat mudah.

بَدِيعُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ وَإِذَا قَضَىٰٓ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Artinya: Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: “Jadilah!” Lalu jadilah ia.

Hadirin maasyiral muslimin Rahimakumullah..

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait