Download Khutbah Jumat PDF Terbaik: Jangan Sia-siakan Waktu dan Kesempatan (B. Indonesia)

Ilustrasi Waktu dan Kesempatan
Ilustrasi Waktu dan Kesempatan

Hendaklah setiap muslim menggunakan waktu dan kesempatan hidup dengan sebaik-baiknya. Jadikanlah biografi sahabat dan ulama salaf sebagai teladan dalam memanfaatkan waktu dan kehidupan yang Allah berikan. Sungguh, kita akan takjub dan terkagum dengan kisah-kisah mereka.

Salah seorang ulama ahli tafsir, Ismail Haqqi al-Khalwati menukilkan perkataan menarik dari salah seorang ulama dalam kitab tafsirnya yang berjudul Ruh al-Bayan fi Tafsir al-Quran jilid 1 halaman 244.

Bacaan Lainnya

Waktu seorang hamba itu ada empat, tidak ada yang kelima; pertama, waktu Ketika mendapat nikmat; kedua, waktu ketika sedang diuji; ketiga, waktu ketika sedang taat; keempat, waktu ketika sedang maksiat.

Pada tiap-tiap waktu tersebut ada hak Allah sebagai Sang Pencipta yang harus tetap dipenuhi oleh setiap hamba.

Jika seorang hamba sedang berada di waktu taat, maka ia harus menyadari betul bahwa segala apa yang ada pada dirinya saat itu adalah nikmat dari Allah. Allah lah yang telah membimbingnya untuk taat dan memberinya kekuatan untuk berada di jalan ketaatan.

Jika seorang hamba sedang berada di waktu ketika ia mendapat nikmat, maka ia harus terus bersyukur.

Jika seorang hamba berada di waktu maksiat, maka ia harus segera bangkit dari kemaksiatan itu untuk kemudian bertobat dan istighfar sesering mungkin.

Jika seorang hamba sedang berada di waktu ketika ia mendapat ujian dari Allah, maka jalan yang harus ia tempuh adalah jalan ridha dan sabar.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait