Naskah Khutbah Jumat PDF Pendek Hanya 1 Lembar: Jika Kamu Pemimpin, Contohlah Sikap Umar

Ilustrasi Umar bin Khattab
Ilustrasi Umar bin Khattab

Jamaah Jumat Rahimakumullah…

Pada kesempatan jumat yang mulia ini marilah kita bersama-sama berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dalam arti, mari kita berusaha menjalankan segala hal yang diperintah dan menjauhi semua yang dilarang Allah SWT.

Bacaan Lainnya

Karena perlu kita ingat bahwa, hanya berbekal iman dan taqwa seseorang akan selamat di dunia hingga di akhirat kelak.

Jamaah Jumat Rahimakumullah…

Dikisahkan, suatu hari Khalifah Umar ibn Khattab dicegat oleh perempuan tua di tengah jalan dan diminta untuk berhenti. Cukup lama beliau terdiam hanya untuk mendengar nasihat wanita itu.

“Wahai Umar, dulu engkau dipanggil Umair (Umar kecil). Kemudian engkau dipanggil Umar. Dan sekarang engkau dipanggil Amirul Mukminin. Wahai Umar, barang siapa yang meyakini adanya kematian maka dia akan khawatir akan hilangnya kesempatan. Barang siapa yang meyakini adanya hisab, maka ia takut akan azab.” Ujar perempuan tua itu.

Sontak kejadian tersebut membuat warga sekitar tercengang. Kok bisa-bisanya, Umar mau mendengar nasihat perempuan yang mungkin mengganggu perjalanannya? Lalu ada seorang warga yang memberanikan diri bertanya kepada Umar.

“Mengapa panjenengan rela berlama-lama hanya untuk mendengar nasihat wanita tua itu?”

Umar pun menjawab, “sungguh andai wanita itu memintaku berdiri di sini mulai awal siang hingga akhir siang niscaya aku tidak akan beranjak kecuali melaksanakan salat. Tahukah kalian siapa wanita itu?”.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait