Allah Yang Menciptakan Segala Sesuatu, Download Teks Khutbah Jumat NU PDF Paling Pendek

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

Salah satu prinsip akidah Islam adalah meyakini bahwa Allah subhanahu wata’ala adalah pencipta segala sesuatu. Dia-lah yang mewujudkan kita dari tiada menjadi ada.

Dia juga-lah yang menciptakan seluruh perbuatan kita dan menampakkannya dari tiada menjadi ada. Diriwayatkan dari penghulu para sufi di masanya, Imam al Junaid al Baghdadi bahwa suatu ketika ia ditanya tentang tauhid, maka ia menjawab:

Bacaan Lainnya

 إِنَّهُ لَا مُكَوِّنَ لِشَيْءٍ مِنَ الْأَشْيَاءِ مِنَ الْأَعْيَانِ وَالْأَعْمَالِ خَالِقٌ لَهَا إِلَّا اللهُ تَعَالَى

“Tauhid adalah meyakini sepenuhnya bahwa tidak ada yang menjadikan apapun, benda dan perbuatan-perbuatannya, tidak ada yang menciptakannya kecuali Allah ta’ala.”

Benda yang dimaksud adalah segala sesuatu yang memiliki ukuran, kecil maupun besar. Jadi, wajib diyakini bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam wujud (yang awalnya tiada lalu ada).

Baik benda maupun perbuatan-perbuatannya, yang baik maupun yang buruk, semua itu adanya karena diciptakan oleh Allah ta’ala sebagaimana Allah tegaskan dalam al Qur’an:

  وَاللّٰهُ خَلَقَكُمْ وَمَا تَعْمَلُوْنَ (الصافات: 96)

Yakni Allah yang menciptakan kalian dan menciptakan perbuatan-perbuatan kalian.

Dalam akidah Ahlussunnah wal Jama’ah, kita tidak dapat menciptakan apapun. Kita bukanlah pencipta jasad kita. Kita juga bukanlah pencipta perbuatan-perbuatan kita. Kita dan perbuatan-perbuatan kita adalah ciptaan Allah swt.

Perbuatan-perbuatan yang kita lakukan akan dipertanggungjawabkan dan akan ada konsekuensinya. Perbuatan yang baik akan dibalas dengan pahala sedangkan perbuatan yang buruk berhak mendapat siksa atas perbuatannya. Sebagaimana Firman Allah dalam al Qur’an:

   لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ (سورة البقرة: ٢٨٦)

Maknanya: “Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (QS al Baqarah: 286)

Hadirin jama’ah shalat Jum’at rahimakumullah,

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait