Khutbah Idul Fitri PDF Paling Bagus: Renungan Idul Fitri Pasca Pandemi

Khutbah Idul Fitri PDF Paling Bagus
Khutbah Idul Fitri PDF Paling Bagus

MUKADDIMAH KHUTBAH IDUL FITRI

(أَللَّهُ أَكْبَرُ. أَللَّهُ أَكْبَرُ. أَللَّهُ أَكْبَرُ). (أَللَّهُ أَكْبَرُ. أَللَّهُ أَكْبَرُ. أَللَّهُ أَكْبَرُ). (أَللَّهُ أَكْبَرُ. أَللَّهُ أَكْبَرُ. أَللَّهُ أَكْبَرُ). أَللَّهُ أَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. لاَ إِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرْ. أَللَّهُ أَكْبَرْ. وَ لِلَّهِ اْلحَمْدُ

الحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ حَرَّمَ الصِّياَمَ أَيّاَمَ الأَعْياَدِ ضِيَافَةً لِعِباَدِهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلٰهَ إِلاَّاللهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ الَّذِيْ جَعَلَ الجَّنَّةَ لِلْمُتَّقِيْنَ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَناَ وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ االدَّاعِيْ إِلىَ الصِّرَاطِ المُسْتَقِيْمِ. اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَباَرِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّـدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحاَبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنَ. أَمَّا بَعْدُ. فَيَآأَيُّهَاالمُؤْمِنُوْنَ وَالمُؤْمِناَتِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ المُتَّقُوْنَ. وَاتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقاَتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Bacaan Lainnya

Allahu Akbar 3 x Walillahil Hamd

Jama’ah shalat ‘Idul-Fithri yang berbahagia…

Pertama-tama, kami berwasiat kepada diri sendiri, kemudian kepada para jama’ah, mari kita jaga dan tingkatkan Iman dan takwa kepada Allah SWT. Selanjutnya, mari kita bersyukur atas semua nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita. Terutama nikmat umur panjang dan kesehatan sehingga kita bisa beribadah dengan maksimal di bulan Ramadhan.

Kita juga harus bersyukur karena bulan Ramadhan dan hari Raya kali ini tidak seperti dua tahun yang lalu. Kegiatan apapun dibatasi termasuk hari Raya Idul Fitri, semua itu karena dalam situasi pandemi. Dan Alhamdulillah di bulan Ramadhan dan hari raya ini kita bisa merayakan dengan normal. Meski tetap harus memperhatikan protokol kesehatan.

Allahu Akbar 3 x Walillahil Hamd

Jama’ah shalat ‘Idul-Fithri yang berbahagia…

Di pagi ini, di hari Idul Fitri ini kaum muslimin bersama-sama serempak menikmati selesainya ibadah puasa, shalat tarawih, tadarus, qiyamullail dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan dengan sukses, aman, sehat dan afiat.  Sehingga di pagi ini kaum muslimin serempak melaksanakan shalat Idul Fitri.

Hari Idul Fitri termasuk hari yang mulia, hari dimana kaum muslimin bersuka cita. Bahkan hari ini kaum muslimin diharamkan berpuasa, diberikan pahala yang berlipat ganda, dimerdekakan dari apai neraka, dan para malaikat turun untuk bersalaman dan memintakan ampunan orang-orang yang melakukan shalat Idul Fitri. Rasulallah Muhammdan saw bersabda:

عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ, عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا صَامُوْا شَهْرَ رَمَضَانَ وَخَرَجُوْا إِلَى عِيْدِهِمْ يَقُوْلُ اللَّهُ تَعَالِى: يَامَلآئِكَتِى كُلُّ عَامِلٍ يَطْلُبُ أَجْرَهُ، وَعِبَادِيَ الَّذِيْنَ صَامُوْا شَهْرَهُمْ وَخَرَجُوْا إِلَى عِيْدِهِمْ يَطْلُبُوْنَ أُجُوْرَهُمْ إِشْهَدُوْا أَنِّى قَدْ غَفَرْتُ لَهُمْ. فَيُنَادِى مُنَادٍ: يَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ إِرْجِعُوْا إِلَى مَنَازِلِكُمْ قَدْ بُدِّلَتْ سَيِّئَاتُكُمْ حَسَنَاتٍ. فَيَقُوْلُ اللَّهُ تَعَالَى: يَاعِبَادِى صُمْتُمْ لِى وَأَفْطَرْتُمْ لِى فَقُوْمُوْا مَغْفُوْرًا لَكُمْ

“Apabila orang-orang itu telah selesai berpuasa pada bulan Ramadlan lalu keluar menuju (shalat) hari raya mereka, maka Allah Ta’ala berfirman : “Wahai Malaikat-Malaikat-Ku, setiap yang beramal tentu mengharap/ meminta pahalanya, dan sekarang hamba-hamba-Ku yang telah berpuasa sebulan dan keluar menuju (shalat) hari raya, juga meminta pahala mereka, maka saksikanlah olehmu sekalian bahwa Aku benar telah mengampuni mereka”. Kemudian suatu panggilan memanggil; “Hai umat Muhammad!, kembalilah kalian ke rumah kalian masing-masing, sesungguhnya kesalahan-kesalahan kalian telah diganti dengan kebajikan”. Lalu Allah Ta’ala berfirman; “Wahai hamba-hamba-Ku, kalian telah berpuasa untuk-Ku, dan telah berbuka untuk-ku, maka bangkitlah kalian dalam keadaan telah mendapatkan ampunan.”

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait