Teks Khutbah Jumat Singkat PDF Tentang Kisah Rasulallah di Malam Lailatul Qadar

Ilustrasi Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi Malam Lailatul Qadar

Sidang Jum’at Rahima kumullah

Malam yang istimewa itu masih merupakan tanda tanya, dan tidak diketahui secara pasti kapan datangnya. Namun, menjelang akhir Ramadhan, Rasulullah SAW biasanya lebih fokus beribadah, terutama sepuluh malam terakhir.

Bacaan Lainnya

Hal ini sebagaimana yang disebutkan ‘Aisyah: “Nabi Muhammad SAW ketika memasuki sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan memilih fokus beribadah, mengisi malamnya dengan dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut beribadah,” (HR Al-Bukhari).

Jama’ah sholat Jum’at yang berbahagia

Allah berfirman dalam surat Al Qodar ayat 4

تَنَزَّلُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ

Artinya: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.”

Menurut Tafsir Al-Muyassar mejelaskan bahwa para malaikat dengan jumlah besar turun, diantara mereka adalah jibril, dengan izin tuhan mereka membawa segala urusan yang tuhan tetapkan pada tahun tersebut.

Begitu juga dengan Tafsir Al-Mukhtashar bahwa Para Malaikat dan Malaikat Jibril – ‘alaihissalām – turun pada malam itu dengan izin dari Rabb mereka Yang Maha Suci dengan membawa perkara yang telah ditakdirkan oleh Allah untuk tahun itu, baik berupa rezeki, kematian, kelahiran dan lainnya yang telah ditakdirkan oleh Allah.

Jika kita lihat penjelasan tersebut takdir yang dimaksud adalah takdir tahunan.

Sidang jum’at yang mulia

Dalam sebuah kisah diceritakan bahwa Rasulullah Saw sedang duduk i’tikaf semalam suntuk pada hari-hari terakhir bulan suci Ramadhan. Para sahabat pun tidak sedikit yang mengikuti apa yang dilakukan Rasulullah.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait