Download Khutbah Jumat PDF Tentang Bencana Alam: Muhasabah Gempa Bumi di Cianjur (B. Indonesia)

foto kondisi gempa bumi di cianjur jawa barat
foto kondisi gempa bumi di cianjur jawa barat

Jadi, sabar tidak hanya di bibir, namun juga di hati dan anggota badan. Ketiga, dalam menyikapi terjadinya musibah gempa bumi, kita harus ridha dengan ketentuan Allah SWT. Ibnu Majah dalam kitab Sunan Ibnu Majah, juz II, halaman 1338 meriwayatkan hadits:

 إِنَّ عِظَمَ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلَاءِ وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلَاهُمْ فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ

Bacaan Lainnya

Artinya: Sesungguhnya besarnya balasan sesuai dengan besarnya ujian. Sesungguhnya, ketika Allâh mencintai suatu kaum, Allah akan mengujinya. Siapa yang ridha, ia akan mendapatkan ridla Allah SWT. Siapa yang membencinya, ia akan mendapatkan kemurkaan Allah.

Hadirin yang Berbahagia

Bagaimana cara menghentikan musibah gempa bumi? Sebagai manusia biasa, kita harus introspeksi diri dan evaluasi diri untuk segera bertobat dari segala dosa dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Karena bencana alam adalah peringatan Allah bagi kita semua, peringatan untuk meningkatkan ketakwaan, peringatan untuk meninggalkan dosa, dan peringatan agar kita bertobat kepada Allah SWT.

Jika sekiranya kita beriman dan bertakwa, pastilah Allah akan melimpahkan kepada kita berkah dari langit dan bumi, karena itu mari mulai dari diri kita, keluarga, tetangga, dan jamaah, mulai dari yang paling mudah, dan mulai dari sekarang untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

Semoga saudara-saudara kita di Cianjur, Jawa Barat dan kawan di ………………. (sebutkan daerah tempat khutbah) dan daerah lain diberi kesabaran, ketabahan, kekuatan, kemudahan dalam menghadapi semuanya.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait