Khutbah Jumat Ramadhan Singkat Padat PDF: Mendidik Hawa Nafsu di Bulan Ramadhan (B. Indonesia)

Ilustrasi Mengendalikan Hawa Nafsu
Ilustrasi Mengendalikan Hawa Nafsu

Bulan Ramadhan merupakan laboratorium yang dirancang oleh Allah untuk menundukkan nafsu. Ramadhan juga menjadi potret atau gambaran kehidupan kita dalam 11 bulan selanjutnya. Artinya, seperti apa model dan kualitas ibadah kita setelah Ramadhan, bisa dilihat dari kebiasaan kita selama bulan Ramadhan.

Apabila di bulan Ramadhan tersebut bisa istiqomah menjalankan sholat jamaah, Ingsya Allah 11 bulan setelah Ramadhan kita bisa menjalankan sholat secara berjamaah.

Bacaan Lainnya

Begitu juga apabila selama bulan Ramadhan bisa rutin atau istiqomah melakukan tadarus, membaca Al Qur’an, Ingsya Allah 11 bulan setelah Ramadhan kita juga bisa melakukan tadarus dan ibadah-ibadah lainnya.

Para Hadirin Kaum Muslimin Yang Dimuliakan Allah

Nabi Muhammad SAW bersabda:

رُبَّ  صَـائـِمٍ  لَـيـْسَ مِنْ  صِيَامِـهِ اِلَّا اْلـجُـوْعَ  وَاْلـعَطَشَ

“Banyak orang yang berpuasa, dan dari puasanya itu tidak mendapat-apa kecuali hanya lapar dan dahaga,” (HR. An Nasai, Ibn Majah  lan Al Hakim).

Sabda Nabi Muhammad SAW tersebut memberikan isyarat serta pelajaran bahwa hakikat puasa tidak hanya menghindarkan nafsu dari sifat-sifat yang tidak baik. Tapi, selama Ramadhan kita juga harus mengajak lisan, penglihatan, telinga dan anggota tubuh lainnya untuk berpuasa.

Telinga, kita ajak puasa untuk menjauhi dari pendengaran yang tidak baik. Begitu juga dengan anggota tubuh lainnya. Kita ajak untuk meninggalkan perbuatan dosa, maksiat serta angkara murka.

Hadirin kaum Muslimin Rahimakumullah,

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait