Materi Khutbah Gerhana Matahari PDF: Mendekati Allah Dengan Merenungi Kebesaran-Nya

ilustrasi gerhana matahari
ilustrasi gerhana matahari

Gerhana matahari merupakan fenomena alam biasa yang tidak ada kaitannya dengan hal di luar alam. Sebab, gerhana matahari hanyalah peristiwa yang terjadi karena aktivitas rutin dari matahari, bulan, dan bumi.

Ini terjadi karena bulan berada di tengah-tengah antara bumi dan matahari sehingga bayangan bulan jatuh ke permukaan bumi dan sebagian cahaya matahari terhalang bulan sehingga matahari tampak gelap.

Bacaan Lainnya

Keterangan tersebut juga sudah diuraikan Allah swt di dalam Al-Qur’an Surat Yasin ayat 38-40 berikut.

 وَالشَّمْسُ تَجْرِيْ لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَاۗ ذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِۗ وَالْقَمَرَ قَدَّرْنٰهُ مَنَازِلَ حَتّٰى عَادَ كَالْعُرْجُوْنِ الْقَدِيْمِ لَا الشَّمْسُ يَنْۢبَغِيْ لَهَآ اَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا الَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِۗ وَكُلٌّ فِيْ فَلَكٍ يَّسْبَحُوْنَ

Artinya: “(Suatu tanda juga atas kekuasaan Allah bagi mereka adalah) matahari yang berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Mahaperkasa lagi Maha Mengetahui. (Begitu juga) bulan, Kami tetapkan bagi(-nya) tempat-tempat peredaran sehingga (setelah ia sampai ke tempat peredaran yang terakhir,) kembalilah ia seperti bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya.”

Jamaah shalat gerhana matahari yang berbahagia,

Jika kita perhatikan secara bahasa, ayat tersebut menunjukkan bahwa matahari terus bergerak di tempatnya. Artinya, matahari tidak pernah bergeser dari tempatnya sendiri, yaitu porosnya. Ia terus berputar dan kembali dari awal tempatnya pertama kali bergerak.

Pertanyaannya, kenapa bisa terjadi gerhana matahari? Karena adanya pergerakan bumi dan bulan di relnya masing-masing sehingga dalam suatu waktu, ketiganya berada dalam satu garis yang sama.

Terkadang menjadi gerhana matahari dengan bulan berada di tengah-tengah antara matahari dan bumi. Cahaya matahari tertutupi bulan sehingga sebagian atau keseluruhan cahayanya terhalang dan bumi menjadi gelap di siang hari.

Terkadang pula menjadi gerhana bulan dengan bumi yang berada di tengah-tengah antara matahari dan bulan. Bulan tampak tak bercahaya karena tidak menerima pantulan cahaya matahari. Sebab, cahaya matahari yang harusnya diterima itu terhalang bumi. Karenanya, malam semakin gelap dengan peristiwa tersebut.

Jamaah shalat gerhana matahari yang berbahagia,

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait