Khutbah Jumat Terbaik Tahun Ini PDF: Perintah Berlomba dalam Kebaikan (B. Indonesia)

Ilustrasi Lomba dalam Kebaikan
Ilustrasi Lomba dalam Kebaikan

Artinya: “Dari Abdurrahman bin Auf RA bahwa Rasulullah Saw bersabda: Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Zubair di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa`ad bin Abi Waqqas di surga, Said bin Zaid di surga, Abu Ubaidah bin al-Jarrah di surga.” (HR.Tirmidzi). 

Menariknya tidak semua sahabat mendapatkan berita gembira ini. Rasulullah ingin memberikan motivasi bagi sahabat lain untuk berlomba mendapatkan ganjaran pahala yang besar.

Bacaan Lainnya

Bagi manusia yang orientasinya kepada materi, tentu sulit untuk melakukan perlombaan dalam kebaikan. Segala hal akan dilakukan demi mengejar dunia dengan menghalalkan beragam cara. Kaum muslimin yang dimuliakan Allah,

Berlomba dalam kebaikan adalah tuntunan Allah dan Rasulullah. Berlomba dalam kebaikan tidak serta merta ditujukan kepada ibadah saja.

Lihat bagaimana para sahabat gemar melakukan ibadah, bahkan ada yang ingin dalam hidupnya melakukan puasa dan shalat secara terus menerus, lalu ditegur Rasulullah dan diingatkan bahwa yang dimaksud dalam Islam tidaklah seperti itu.

Berlomba dalam kebaikan dimaksudkan untuk bersemangat mencari penghidupan yang baik demi agama sebagaimana esensi dalam surah Al-Jumuah bahwa selesai shalat, tidak harus duduk di masjid, tetapi menyebar untuk bekerja kembali. Allah berfirman:

  يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ.

Artinya: “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”. (Surah Aljumuah ayat 9).

Kaum muslimin yang dimuliakan Allah, Lomba pada dasarnya memberikan motivasi bagi lain untuk membuat kebaikan serupa. Esensi dari nilai-nilai Islam mengajarkan untuk berlomba meraih maslahat dan tidak membawa mudharat untuk diri sendiri. Allah berfirman:

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait