Manfaatkan Sisa Umur Sebaik Mungkin – Download Khutbah Jumat Singkat Padat PDF Terbaru

ILustrasi Sisa Umur
ILustrasi Sisa Umur

MUKADIMAH KHUTBAH JUMAT

   اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين، أَمَّا بَعْدُ: فَيَاأيُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ، قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الَّشيْطَانِ الرَّجِيْم، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللهُ العَظِيمْ

Jamaah Rahimakumullah

Bacaan Lainnya

Nikmat terindah dan teramat mahal adalah diberikan umur panjang dengan sehat walafiat, serta terus memegang iman dan Islam. Dan, aneka kurnia tersebut kita terima hari ini, berada di masjid ini dengan tidak mengalami keluhan kesehatan berarti.

Karenanya marilah beragam nikmat tersebut kita syukuri dengan meningkatkan takwallah. Yakni menjalankan segala yang diperintah, serta menjauhi larangan-Nya. Dengan demikian kita termasuk hamba yang bersyukur dan selalu dalam rahmat Allah SWT.

Hadirin yang Berbahagia

Umumnya orang berdoa kepada Allah SWT agar diberi umur panjang. Sedikit sekali atau bahkan mungkin tidak ada orang yang menginginkan berumur pendek. Mereka tentu memiliki alasan masing-masing.

Namun umumnya alasan mereka adalah karena ingin memiliki amal baik yang cukup semasa hidupnya sebagai bekal hidup abadi di akhirat. Hal ini memang memiliki dasar yang kuat sebagaimana ditegaskan dalam hadits Rasulullah sebagai berikut:

   يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ خَيْرُ النَّاسِ قَالَ : مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ  

Artinya: Wahai Rasulullah, siapakah sebaik-baik manusia? Beliau menjawab: Orang yang umurnya panjang dan amalannya baik. (HR Tirmidzi)

Hadits itu telah menginspirasi banyak orang untuk senantiasa berdoa kepada Allah agar diberi umur panjang. Mereka telah meyakini bahwa salah satu tanda orang terbaik adalah apabila berumur panjang dan hidupnya penuh dengan amal-amal kebaikan.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait