Teks Khutbah Jumat NU PDF Terbaru: Ibadah Haji, Antara Kebutuhan dan Keinginan (B. Indonesia)

Khutbah Jumat Tentang Haji
Ilustrasi Ibadah Haji

Sangat disayangkan apabila ada orang tua berangkat ibadah haji, sementara anak-anaknya dibiarkan tidak bersekolah dan kesehatannya memburuk tidak ditangani secara serius karena alasan biaya. Ibadah haji seperti itu secara hukum agama tidak dibenarkan.

Di dalam ilmu agama juga dikenal konsep fiqih al-aulawiyyat atau fiqih prioritas sebagaimana digagas oleh Syekh Dr. Yusuf Al-Qardhawi dari Mesir.  Fiqih prioritas pada intinya adalah menekankan urutan pelaksanaan kewajiban atau beban sesuai dengan tingkatan hukumnya.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pada prinsip ini sesuatu yang hukumnya fardhu ain harus diutamakan daripada sesuatu yang hukumnya fardhu kifayah. Sesuatu yang hukumnya wajib harus didahulukan daripada sesuatu yang hukumnya sunah. Sesuatu yang manfaatnya besar dan luas harus didahulukan daripada sesuatu yang manfaatnya kecil dan terbatas, dan seterusnya.

Jamaah yang Berbahagia

Syekh Dr. Yusuf Al-Qardhawi memberikan contoh dalam masalah ini bahwa ibadah haji bagi orang-orang yang telah melaksanakannya tidak wajib melaksanakan kembali pada tahun-tahun berikutnya. Ibadah haji berikutnya sudah turun tingkatan menjadi sunnah.

Bahkan, Syekh Dr. Yusuf Al-Qardhawi mengkritik orang kaya yang sering melakukan ibadah haji dan umrah ke Tanah Suci, tetapi pada saat yang sama mereka abai terhadap orang miskin Muslim yang ada di sekitarnya.

Tidak sedikit dari mereka berpindah agama karena tidak mendapatkan pertolongan dari saudara-saudara Muslim yang kaya. Orang-orang kaya itu sebetulnya wajib hukumnya berjihad di jalan Allah dengan menggunakan hartanya untuk mencegah pemurtadan di antara orang-orang miskin Muslim tersebut.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait