Meneladani Akhlak Kasih Sayang Rasulallah SAW – Khutbah Jumat PDF Singkat Padat 5 Menit

Ilustrasi Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

Bagaimana cara Rasulullah menebarkan kasih sayang pada umatnya? Syekh Syamsuddin Muhammad dalam kitab al-Majalis al-Wa’dziyah Syarah Shahih Bukhari, juz 2 halaman: 50 menjelaskan bahwa Nabi sangat menganjurkan umatnya untuk menebarkan kasih sayang terhadap semua makhluk hidup, baik hewan, tumbuh-tumbuhan, alam, dan manusia.

Sayangilah orang bodoh dengan pencerahan ilmu, sayangilah orang hina dengan kemuliaan, sayangilah orang miskin dengan sedekah harta. Juga sayangilah anak-anak dan orang tua dengan cinta kasih, sayangilah pendurhaka dengan kebijaksanaan dakwah, dan sayangilah hewan, tumbuh-tumbuhan, dan alam dengan sikap bijak dan kasih sayang.

Bacaan Lainnya

Hadirin Rahimakumullah

Mengapa kita perlu menyayangi mereka? Karena orang yang paling dekat dengan rahmat Allah adalah orang paling menyayangi makhluk-Nya. Orang yang senang menebarkan kasih sayang terhadap makhluk Allah, tentu Allah akan memberikan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada orang tersebut. Begitupun sebaliknya, orang yang senang membenci dan menghujat terhadap makhluk Allah, tentu Allah akan membencinya dan menjauhkan rahmat-Nya dari orang tersebut.

Sikap kasih sayang ini tidak hanya diterapkan kepada kawan-kawan (kaum muslimin saja), tetapi  kepada lawanpun senantiasa menunjukkan sikap kasih sayangnya. Imam Bukhari dalam Shahih Bukhari, juz 4 hlm 175 meriwayatkan sebuah hadits, bahwa Nabi Muhammad SAW pernah menceritakan prilaku para nabi-nabi terdahulu, ketika mereka dilukai oleh para umatnya, Nabi mendoakan:

 اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِقَوْمِيْ فَإِنَّهُمْ لاَ يَعْلَمُوْنَ

Artinya: Ya Allah, ampunilah umatku, karena mereka tidak tahu. (HR Bukhari)

Kesimpulannya menjadi sangat jelas, Nabi Muhammad SAW bukanlah Nabi yang pembenci, bukan pendendam, penghujat. Bukan Nabi pembohong, pemarah, kaku dan keras.  Namun Nabi Muhammad adalah Nabi yang lemah lembut, fleksibel, mudah, akrab, dan yang mengutamakan kasih sayang kepada umatnya.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA..

Pos terkait